Tutorial



TUTORIAL THRESHOLDING CITRA DIGITAL
(PROGRAM MATLAB)

Thresholding merupakan salah satu metode segmentasi citra dimana prosesnya didasarkan pada perbedaan derajat keabuan citra.
Berikut Ini adalah tatacara pembuatan Thresholding citra digital menggunakan program matlab.
1.      Langkah awal dengan cara pilih menu home, pilih menu New kemudian pilih Graphical User Interface. Setelah muncul kita pilih Creat New GUI pilih black GUI(Default) Kemudian Klik OK.
Gambar 1

2.      Langkah Kedua kita membuat desain tampilan yang kita inginkan, atau bisa mengikuti gambar berikut.
Gambar 2



Berikut yang perlu diubah dalam komponen komponen yang tersedia di gambar 2.

No.
Nama Komponen
Property
Nilai
1
Pushbutton
String
Open Image


Tag
Pushbutton1
2
Pushbutton
String
Grayscale


Tag
Pushbutton2
3
Pushbutton
String
Save


Tag
Pushbutton3
4
Slider
Min
0


Max
255.0
5
Edit Text
String
<Kosongkan>

Setelah semua komponen telah di ubah menurut perintah dalam table diatas. Tekan Ctrl+S untuk menyimpan projek komponen yang telah di buat. Setelah itu muncul coding yang harus di isi agar program yang dibuat berjalan dengan baik.

Setelah Muncul banyak tulisan carilah bagian pushbutton1 untuk mengisi perintah atau tugas dalam komponen tersebut. Berikut Code Yang harus dimasukan:

function pushbutton1_Callback(hObject, eventdata, handles)
[name_file1,name_path1] = uigetfile (.....
    {'*.bmp;*.jpg;*.tif','files of type (*.bmp,*.jpg,*.tif)';
    '*.bmp','file Bitmap (,.bmp)';..........
    '*.jpg','file jpeg (*.jpg)';
    '*.tif','file Tif (*.tif)';
    '*.*','All files (*.*)'},.....
    'Open Image');

if ~isequal (name_file1,0)
    handles.data1 = imread (fullfile(name_path1,name_file1));
    guidata(hObject,handles);
    axes(handles.axes1);
    imshow(handles.data1);
else
    return;
end



Setelah Mengubah Komponen pushbutton1. Lanjut Mengubah atau mengisi komponen pushbutton yang ke 2 yang memerintahkan merubah gambar atau Grayscale.
function pushbutton2_Callback(hObject, eventdata, handles)
image1 = handles.data1;
gray = rgb2gray (image1);
axes (handles.axes2);
imshow (gray);
handles.data2 = gray;
guidata (hObject,handles);

Berikutnya lanjut ke bagian komponen slinder1_callback.
function slider1_Callback(hObject, eventdata, handles)
gray = handles.data2;
value = get(handles.slider1,'value');
thresh=imcomplement(im2bw(gray,value/255));
axes(handles.axes2);
imshow(thresh);
handles.data3=thresh;
guidata(hObject,handles);
set(handles.edit1,'string',value)

Selanjutnya isi bagian pushbutton3. Yang merintahkan komponen untuk menyimpan data yang telah diubah ke dalam folder.
function pushbutton3_Callback(hObject, eventdata, handles)
thresh=handles.data3;
[name_file_save,path_save] = uiputfile (...
    {'*.bmp','file bitmap (*.bmp)';...
    '*.jpg','file jpeg (*.jpg)';
    '*.tif','file Tif (*.tif)';
    '*.*','All Files (*.*)'},...
    'SAVE IMAGE');

if ~isequal (name_file_save,0)
   imwrite(thresh,fullfile(path_save,name_file_save));
else
    return;
end




Setelah semua komponen telah diubah atau diberi code untuk memerintahkan tugasnya masing masing berikut adalah hasil gambar yang telah berfungsi dalam matlab tersebut.


 Gambar 3

Begitulah cerita singkat tutorial yang telah saya buat. Kurang lebihnya hasil tutorial yang saya buat saya pribadi mengucapkan mohon maaf atas kesalahan dalam pembuatan tutorial ini. 
Trimakasih





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3.6 BP1